Cari Data PTKI   

Sistem Informasi & Layanan Kelembagaan

Direktorat Pendidikan Tinggi Islam

   Beranda | Perizinan Online | Kerjasama PTKI | SK Perizinan | Permohonan Konsultasi  
Untitled Document

  Tentang Ranking

Ranking PTAI merupakan salah satu bentuk penilaian perguruan tinggi. Selama ini kinerja perguruan tinggi dinilai melalui sejumlah sistem dan dalam berbagai level. Secara internal institusi, penilaian perguruan tinggi dilakukan dengan cara self assessment melalui apa yang disebut dengan audit mutu internal. Sementara itu secara eksterernal kinerja perguruan tinggi dinilai oleh badan ataupun asosiasi-asosiasi profesi yang bersifat independen. Di Indonesia penilaian eksternal terhadap perguruan tinggi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Selain dinilai oleh badan akreditasi nasional, kinerja perguruan tinggi juga dinilai oleh badan-badan standar mutu bertaraf internasional. Salah satunya adalah The International Organization for Standardization (ISO). Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, termasuk beberapa PTAI, telah memiliki sertifikat dari ISO karena telah menerapkan Produk standar ISO 9001:2008 tentang quality management system.

Perkembangan terbaru tentang penilaian kinerja perguruan tinggi adalah dengan sistem ranking yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survey internasional. Di antaranya adalah Academic Ranking of World University (ARWU), sebuah publikasi tentang ranking perguruan tinggi yang bermarkas di Universitas Shanghai Jiao Tong, Cina. ARWU pertama kali diterbitkan tahun 2003 oleh the Center for World-Class Universities dan the Institute of Higher Education of Shanghai Jiao Tong University. Sejak 2009, ARWU diterbitkan oleh lembaga independent, Shanghai Ranking Consultancy. ARWU menerbitkan hasil penilaian terhadap perguruan tinggi di seluruh dunia berdasarkan atas enam indikator, yaitu 1) jumlah alumni dan staff yang memenangkan hadiah Nobel atau medali-medali keahlian, 2) jumlah peneliti yang karyanya dikutip oleh Thomson Scientific, yaitu anak perusahaan Thomson Corporation, sebuah perusahaan informasi paling terkenal di dunia, 3) jumlah artikel yang diterbitkan dalam jurnal-jurnal Ilmu alam dan Sains, 4) jumlah artikel yang terdaftar dalam Science Citation Index dan Social Sciences Citation Index, 5) kinerja perguruan tinggi berdasarkan ukuran lembaga.

Penilaian mutu pendidikan tinggi sistem ranking juga dilakukan oleh Times Higher Education (THE), yaitu sebuah majalah yang merilis berita dan isu-isu pendidikan tinggi. Majalah yang terbit di London, Inggris, ini semula bernama Times Higher Education Suplement (THES), dan mulai melakukan perankingan perguruan tinggi sejak tahun 2004. Setiap tahun THE meranking 200 universitas terkemuka dunia (Top 200 World Universities) selain juga meranking perguruan tinggi berdasarkan wilayah.

Pemeringkatan perguruan tinggi secara internasional juga dilakukan oleh the Cybermetrics Lab, yaitu sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) dan merupakan badan riset terbesar di Spanyol. Lembaga ini setiap tahun merelease Webometrics Ranking of World Universities.

Hampir sama dengan Webometrics adalah 4ICU (4 International Colleges & Universities) yang meranking perguruan tinggi berdasarkan popularitas website menurut perhitungan algoritma dari tiga web metriks yang diekstrak dari tiga search engine, yaitu 1) Google Page Rank, 2) Yahoo Inbound Links, dan 3) Alexa Traffic Rank.

Munculnya lembaga-lembaga survey internasional tentang mutu pendidikan tinggi terebut telah menginspirasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk melakukan perankingan perguruan tinggi agama Islam di lingkungan Kementerian Agama RI. Setidaknya ada tiga manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya Ranking PTAI ini. Pertama, masyarakat akan memperoleh informasi tentang mutu kinerja PTAI. Kedua, PTAI akan semakin terdorong untuk meningkatkan kinerjanya, terutama dalam aspek-aspek yang menjadi variabel penilaian. Ketiga, hasil ranking akan sangat berguna sebagai salah satu bahan pertimbangan bagi Kementerian Agama untuk mengambil kebijakan yang tepat dalam rangka meningkatkan mutu PTAI.


Warning: include(bawah2.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory in /home/ranki105/public_html/ranking.php on line 17

Warning: include(bawah2.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory in /home/ranki105/public_html/ranking.php on line 17

Warning: include() [function.include]: Failed opening 'bawah2.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/ranki105/public_html/ranking.php on line 17