Untitled Document
Untitled Document
 
Untitled Document

  Metodologi
   
A.
Pengumpulan Data
 

Data statistik PTAI dihimpun dari sumber-sumber data sebagai berikut:
  1.
  2.
  3.
  4.
Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais)
  5.
Website-website resmi perguruan tinggi agama islam (PTAI)
  6.
Laporan data statistik dari PTAI
     
B.
Pengolahan Data
     
  1.
Data Kelembagaan
   
Data kelembagaan PTAI meliputi 1) Nama PTAI, 2) Alamat, 3) Wilayah Kopertais (untuk PTAIS), 4) Nomor Telepon, 5) Nomor Fax, 6) Email lembaga, 7) Alamat website, 8) SK Izin Pendirian Perguruan Tinggi, 9) SK Izin Perpanjangan Penyelenggaraan Prodi, dan 10) Tanggal Kadaluwarsa Izin.

Data-data tersebut diverifikasi dan dicross-check dari berbagai sumber data yang tersedia. Selanjutnya data kelembagaan diolah dalam bentuk tabel-tabel (lihat: tabel-tabel data statistik) dengan angka-angka statistik yang aktif dan dinamis. Disebut demikian karena angka-angka tersebut (yang berwarna biru) dapat diakses serta berubah secara otomatis seiring dengan proses updating data terbaru.

Akurasi data tentang prodi dibuktikan dengan file SK Dirjen dalam format PDF yang dapat diakses. Hal ini akan memperkuat bukti dan sekaligus informasi kepada masyarakat bahwa prodi-prodi yang ada dalam database ini sudah memiliki legalitas. Di samping itu, file-file elektronik tersebut merupakan upaya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk mewujudkan paperless administration (administrasi nir-kertas) yang mudah diakses dan ditelusuri secara online serta lebih aman.

     
  2.
Data Akreditasi Program Studi
   

Data akreditasi Program Studi antara lain meliputi: 1) Nama Program Studi, 2) Nomor SK BAN-PT, 3) Tahun SK, dan 4) Tahun Kadaluwarsa. Proses pengumpulan data akreditasi program studi dilakukan dengan cara mengupdate data yang diperoleh dari Direktori Akreditasi Program Studi pada situs resmi BAN-PT. Setelah diverifikasi untuk prodi-prodi pada PTAI, selanjutnya data akreditasi dibagi dalam dua kelompok: 1) Akreditasi Prodi PTAIN dan 2) Akreditasi Prodi PTAIS. Sejumlah nama program studi yang ada di direktori BAN-PT telah disesuaikan dengan nomenklatur prodi yang ada dalam lampiran Keputusan Menteri Agama RI Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Penetapan Pembidangan Ilmu dan Gelar Akademik di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama. Mis alnya, Prodi Ekonomi Islam menjadi Ekonomi Syari'ah, prodi Mu'amalah menjadi Hukum Ekonomi Syari`ah (Mu`amalah), Ahwal Syakhshiyah menjadi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah), dan Jinayah menjadi Hukum Pidana Islam (Jinayah).

Hasil akreditasi program studi dikelompokkan menurut nilai akreditasi dan menjadi dasar dalam menentukan rakning PTAI yang dinilai menurut pengelompokan berikut:

1. Ranking PTAIN Berdasarkan Akreditasi Program Studi
2. Ranking PTAIS Berdasarkan Akreditasi Program Studi
3. Ranking Kopertais Berdasarkan Akreditasi Program Studi.

     
  3.
Data Dosen PTAI
   
Data dosen PTAI meliputi: 1) Nama, 2) NIP, 2) Perguruan Tinggi, 3) Tempat dan tanggal lahir, 4) Jenis kelamin, 5) Pendidikan terakhir, 6) Pangkat, 7) Golongan, dan 8) Keahlian.

Data dosen terdiri dari para dosen yang sudah lulus sertifikasi dosen. Data dibagi dalam dua kelompok: dosen PTAIN dan dosen PTAIS dan selanjutnya dipakai untuk melakukan pemeringkatan sebagai berikut:

    1. Ranking PTAIN menurut Kualifikasi Pendidikan Dosen Tetap
    2. Ranking PTAIN menurut Jabatan Fungsional Dosen Tetap
    3. Ranking Kopertais menurut Kualif ikasi Pendidikan Dosen Tetap
    4. Ranking Kopertais menurut Jabatan Fungsional Dosen Tetap
   

 

Untitled Document